Vol 14 No 2 (2023): June
Community Education Development Articles

Fostering Learning Engagement in Rural Communities: A Case Study of Community-Driven Education Enhancement
Meningkatkan Keterlibatan Belajar di Komunitas Pedesaan: Studi Kasus Peningkatan Pendidikan yang Didorong oleh Masyarakat


Devi Widyas Putri
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia *
Rohmatunnadjila
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Rahma Amalia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Nurfi Laili
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Picture in here are illustration from public domain image or provided by the author, as part of their works
Published August 8, 2023
Keywords
  • Community engagement,
  • Learning interest,
  • Education enhancement,
  • Character education,
  • Rural Indonesia
How to Cite
Putri, D. W., Rohmatunnadjila, Amalia, R., & Laili, N. (2023). Fostering Learning Engagement in Rural Communities: A Case Study of Community-Driven Education Enhancement. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 14(2). https://doi.org/10.21070/ijccd.v14i2.957

Abstract

Studi ini membahas masalah rendahnya minat belajar anak-anak di masyarakat pedesaan Indonesia dengan mengkaji dampak dari program keterlibatan masyarakat yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa. Tujuan program meliputi peningkatan keterlibatan belajar di kalangan siswa melalui tiga intervensi utama: bantuan belajar di kelas, diseminasi pendidikan karakter, dan bimbingan belajar di rumah. Menggunakan pendekatan metode campuran, studi menilai efektivitas intervensi ini dalam mempromosikan partisipasi belajar aktif. Hasilnya mengungkapkan pergeseran positif yang signifikan dalam minat belajar di antara kelompok sasaran, menggarisbawahi nilai inisiatif berbasis masyarakat.

Highlight: 

  • Intervensi yang Efektif: Studi ini menyoroti keefektifan dari tiga strategi intervensi—pendampingan pembelajaran di kelas, diseminasi pendidikan karakter, dan bimbingan belajar di rumah—yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar di kalangan siswa.

  • Pendekatan Metode Campuran: Desain penelitian metode campuran digunakan untuk mengevaluasi secara komprehensif dampak program keterlibatan masyarakat, menggabungkan data kuantitatif tentang minat belajar dengan wawasan kualitatif dari peserta.

  • Implikasi Lintas Budaya: Penelitian ini menekankan pentingnya inisiatif yang digerakkan secara lokal, menunjukkan potensi kemitraan universitas-masyarakat untuk meningkatkan pendidikan dan motivasi, dengan implikasi untuk intervensi pendidikan lintas budaya yang lebih luas.

Kata kunci: Keterlibatan masyarakat, Minat belajar, Peningkatan pendidikan, Pendidikan karakter, Pedesaan Indonesia

References

  1. S. Syardiansah, “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017,” JIM UPB (Jurnal Ilm. Manaj. Univ. Puter. Batam), vol. 7, no. 1, hlm. 57-68, Jan. 2019, doi: 10.33884/JIMUPB.V7I1.915.
  2. S. Korompot, M. Rahim, dan R. Pakaya, “Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar,” Jambura Guid. Hitungan. J., vol. 1, no. 1, hlm. 40-48, Apr. 2020, doi: 10.37411/JGCJ.V1I1.136.
  3. C. Febriyanti dan S. Seruni, “Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” Form. J.Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 4, no. 3, Agustus 2015, doi: 10.30998/FORMATIF.V4I3.161.
  4. ED Sirait, "Pengaruh Minat Belajar Melawan Prestasi Belajar Matematika," Form. J.Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 1, April 2016, doi: 10.30998/FORMATIF.V6I1.750.
  5. D. Sutisna, YE Megiati, dan NK Pratiwi, “Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Disk. Panel Nas. Pendidik. Mat., vol. 8, hlm. 203-210, Juli 2022.
  6. ER Mulyani, Masrul Masrul, and Astuti Astuti, "Analisis Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19," J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, hlm. 261-266, Jan. 2021.
  7. W. Samudera, "Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA di Kota Mataram," Indones. J. Mengajar. Pendidikan, vol. 1, no. 2, hlm. 87-92, Jun. 2020, Diakses: 03 Feb. 2023.
  8. Y. Apriana, S. Wahyuningsih, dan Samudera W, "Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kimia SMA Berbasis Membaca Tanya Jawab Pemecahan Masalah Kreatif Dipadu," J. Inov. Pendidik. Dan Sains, vol. 1, no. 2, hlm. 30-34, 2020.
  9. A. Endriani, “Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016,” Realita J. Bimbing. dan Konseling, vol. 1, no. 2, hlm. 2503-1708, April 2018, doi: 10.33394/REALITA.V1I2.708.
  10. Y. Lestari, S. Safruddin, and H. Setiawan, “Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Gugus III Kecamatan Selaparang dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, tidak. 2, hlm. 405-408, Apr. 2022, doi: 10.29303/JIPP.V7I2.513.
  11. D. Kurniawan dan DU Wustqa, “Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, hlm. 176-187, November 2014, doi: 10.21831/JRPM.V1I2.2674.
  12. S. Handayani, "Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa," Form. J.Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 2, hlm. 141-148, November 2016, doi: 10.30998/FORMATIF.V6I2.948.
  13. Z. Fajri, “Peran Lingkungan Sekolah Melawan Minat Belajar Siswa SD/MI,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 7, no. 2, hlm. 110-124, Des. 2019, doi: 10.36841/PGSDUNARS.V7I2.477.
  14. D. Ramadhani, "Pengaruh Interaksi Guru-Siswa Dan Lingkungan Belajar Melawan Minat Belajar Ekonomi Siswa," J. Pendidik. dan Ekon., vol. 7, no. 6, hlm. 524-532, Oktober 2018.
  15. N. H. Maulani and T. Bartin, “Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran dari Rumah di RW II Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 333–341, Feb. 2021, doi: 10.24036/SPEKTRUMPLS.V1I4.101463.
  16. A. Nopaldi dan S. Setiawati, “Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Warga Binaan pada Keterampilan Menjahit di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Solok,” SPEKTRUM J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 6, no. 4, hlm. 400-409, Des. 2018, doi: 10.24036/SPEKTRUMPLS.V1I4.101463.
  17. I. Ismaniar, “Model Pengembangan Membaca Awal Anak: Berbasis Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan Keluarga,” Padang Jur. Pendidik. Luar Sekol., 2020.
  18. H. Hayatinnupus dan I. Permatasari, “Penerapan Metode Permainan dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teor. dan Prakt. Pendidik., vol. 28, no. 1, hlm. 50-54, Mei 2019, doi: 10.17977/UM009V28I12019P050.
  19. PN Widowati, T. Efriyana, YD Pratiwi, and S. Lukas, “Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, hlm. 2957-2964, November 2022, doi: 10.31004/JPDK.V4I6.8670.
  20. DWP Nugraha, Firma, F.N, and R. Rusdinal, “Pembentukan Karakter Siswa dalam pembelajaran sejarah melalui nilai kearifan tradisi lokal kenduri sko kabupaten kerinci,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, hlm. 92-94, Jan. 2021, doi: 10.31004/JPTAM.V5I1.911.
  21. A. Astamal, F. Firman, dan R. Rusdinal, “Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Siswa di SMAN 3 Payakumbuh,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, hlm. 79-84, Jan. 2021, doi: 10.31004/JPTAM.V5I1.908.
  22. HJ Suriadi, F. Firman, dan R. Ahmad, "Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik," Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, hlm. 165-173, Maret 2021, doi: 10.31004/EDUKATIF.V3I1.251.
  23. Nurdin dan MT Nugroho, “Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar,” J. Eval. Pendidikan, vol. 1, no. 3, hlm. 91-95, 2021, doi: 10.37251/jee.v1i3.136.
  24. SP Sari dan JE Bermuli, “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, hlm. 110-121, Maret 2021, doi: 10.33394/JK.V7I1.3150.
  25. Ridwan dan BSE Prakoso, "Preferensi Pelajar SMP Menentukan Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kawasan Perkotaan Yogyakarta," J. Bumi Indones., vol. 2, no. 02, hlm. 1-14, 2018.
  26. A. Santoso dan Y. Rusmawati, “Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan,” J. Abdimas Berdaya J. Pembelajaran, Pemberdaya. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 02, Sep. 2019, doi: 10.30736/JAB.V2I02.7.