Training Materials
DOI: 10.21070/ijccd.v14i2.959

Junior High Robotics Inspiration: Engaging Students with Exciting Interactive Socialization


Inspirasi Robotika SMP: Sosialisasi Interaktif Memancing Minat Siswa dengan Mengasyikkan

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Robotics Junior High School Socialization Engagement Sumo Robot

Abstract

This study elucidates the impact of a dynamic robot-focused socialization endeavor on the students of SMP Muhammadiyah 4 Porong. Targeting grades 7, 8, and 9, the initiative aimed to bridge the educational void resulting from the school's relocation. The presentation encompassed diverse national and international junior-level robot contests, along with rudimentary insights into robot components and their functionalities, aligning with the students' foundational aptitudes. Practical involvement, including hands-on interaction with an android smartphone-controlled sumo robot, generated enthusiasm reminiscent of play. A noteworthy upshot was the emergence of approximately 10 female students displaying a newfound interest in robotics. This venture not only augmented general knowledge but also spurred curiosity and engagement, emphasizing the potential for broader academic implications in the realm of junior high school education.

Highlights:

  • Interactive Exposure: The socialization event introduced students to national and international robot contests, fostering awareness and igniting interest in the field.
  • Hands-on Experience: Through direct interaction with a smartphone-controlled sumo robot, students were engaged in a playful yet educational manner, encouraging active participation.
  • Gender-Inclusive Impact: The initiative notably attracted around 10 female students, potentially contributing to gender diversity and inclusivity in the realm of robotics education.

Keywords: Robotics, Junior High School, Socialization, Engagement, Sumo Robot

PENDAHULUAN

Di tingkat SMP ada berbagai macam kontes robot yang diselenggarakan di tingkat nasional maupun international. Salah satunya adalah Robot sumo, robot sumo telah dikenalkan pada dunia sejak tahun 1990 oleh perusahaan fuji di jepang [1]. Peraturan pertandingan kontes robot sumo ini layaknya seperti dalam pertandingan sumo yang sebenarnya, dalam pertandingan robot harus memiliki berat yang sama [2]. Dalam pertandingan kontes robot sumo secara umum dikontrol menggunakan smartphone android, sistem kontrol ini menggunakan methode IOT Internet Of Things [3]. Methode IOT ini bertujuan untuk mengoneksikan Smartphone andorid dengan robot, setalah terkoneksi digunakan mengendalikan robot sumo[4]. Ditingkat SMP dalam kontes robot sumo pada umumnya memiliki berat 1 KG.

Dijepang sejak dini anak – anak sudah dipernalkan dengan computer dan robotika untuk mempersiapkan generasi dalam menghadapi tantangan teknologi dimasa depan [5], supaya tidak tertinggal jauh dengan negara – negara yang maju maka sangat penting mengenalkan robotika di tingkat smp, untuk meningkatkan keterampilan dirobotika. Di Sekolah Smp Muhammadiyah 4 porong, sudah berdiri sejak tahun 1966 yang berlokasi di kelurahan mindi kecamatan porong kabupaten sidoarjo. Namun akibat dari dampak dari semburan lumpur lapindo pada 29 Mei 2006, melalui peraturan presiden nomer 27 tahun 2012 bahwasanya lokasi ini merupakan lokasi yang tidak layak huni, sehingga sekolah ini pindah di kelurahan lajuk kec poronog kabupaten sidoarjo pada awal tahun 2015. Sebelum pindah sekolah ini memiliki ekstra robotik dan mengikuti lomba – lomba robotik di tingkat smp, setelah pindah sekolah ini hingga sampai saat ini belum memiliki ekstra robot dikarenakan pembimbingnya sudah tidak mengajar lagi. melalui permasalah ini kami dari tim abdimas dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo memberikan sosialasi untuk mengenalkan kepada siswa siswi tentang robot – robot yang pada umumnya dilombakan di tingkat smp. Tim abdimas kami juga pernah mengikuti kontes robot sumo di tingkat universitas dengan juara 2 ditingkat nasional di Bekasi dan juara 1 ditingkat internal dimalaysia. Dari pengalaman ini dijadikan kegiatan abdimas dalam bentuk sosialisasi robot di smp. Dalam kegiatan sosialisasi ini memberikan materi yang berkaitan dengan kontes robot di tingkat SMP dengan memberikan penjelasan komponen dan cara kerja dari masing – masing robot.

METODE

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai Agus Hayatal falah yang memiliki tugas untuk presentasi, anggota 1 Syamsudduha Syahrorini memberikan sambutan pembuka dari tim abdimas, Anggota 2 Arief wisaksono yang secara langsung berinteraksi dengan siswa, dan kedua mahsiswa ini bertugas untuk menyiapkan demo robot sumo. Setelah dinyatakan diterimanya program pengabdian masyarakat tim berkunjung ke sekolah, dengan untuk berdiskusi dalam menentukan pelaksanaan sosialiasi dan teknis pelaksanaanya. Kunjungan ini ditunjukkan pada Gambar 2.1, dalam pertemuan ini ditemui oleh pihak sekolah dengan Bapak Angga Waka Kurikulum. Pertemuan ini bertujuan untuk menentukan dilaksanakanya sosialisasi, hasil dari kesepakatan bersama ini kegiatan sosialisasi dilaksakan pada tanggal 14-03-2023. Beberapa persiapan untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi adalah mencetak baner, menyiapkan materi dan membawa robot sumo, robot sumo dibuat mendemonstrasikan kepada siswa serta memberikan kesempatan untuk mengendalikan robot sumo menggunakan smartohone android.

Figure 1.Kunjungan Pertama Pertemuan Dengan Waka Kurikulum Sekolahan

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh siswa siswi dari kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan memasang baner, sebagai bukti pelaksanaan kegiatan sosialaiasi telah dilaksanakan untuk dijadikan laporan kemajuan, disusul dengan menyiapkan materi dengan menghubungkan proyektor dan mahasiswa mengaktifkan robot sumo untuk mendemokan kepada siswa. Setelah persiapan telah selesai kegiatan pertama ini dibuka dengan sambutan Bapak Waka Kurikulum yang ditujukkan pada Gambar 2.2. A), sambutan tersebut mengenalkan beberapa guru dan kondisi yang berada pada sekolahan, sedangkan pada Gambar 2.2. B) merupakan sambutan dari tim abdimas dari anggota 1 oleh Syamsudduha Syahrorini, sambutanya mengenalkan beberapa keahlian atau pembagian tugas dari masing-masing tim abdimas dan bagaimana tahapan dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Mengerti akan kemampuan pemahaman elektronika dan robotika, siswa siswi masih belum mampu untuk membuat robot secara mandiri, dalam kesempatan pengisian materi robotika ini hanya dikenalkan beberapa robot secara umum yang biasanya dilombakan ditingkat smp, serta menjelaskan beberapa penggunaan komponen beserta cara kerjanya, dilanjutkan dengan menjelaskan secara sederhana robot bisa bernavigasi atau bergerak, robot bisa dikendalikan dengan smartphone.

Pada Gambar 2.3 A) merupakan pemaparan materi sosialisasi yang disampaikan oleh Agus Hayatal Falah materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah mengenalkan beberapa robot yang dilombakan ditingkat SMP. Robot tersebut adalah robot soccer robot ini dikendalikan menggunakan smart phone android dengan melakukan misi memasukkan bola dikandang lawan yang paling banyak memasukkan bola dikandang lawan dinyatakan sebagai pemenang. Robot transporter robot ini dikendalikan menggunakan smart phone android yang melakukan misi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainya, penilaian dalam lomba ini adalah kecepatan dan ketepatan. Robot line tracer jikaditingkat smp robot inimasih menggunakan analog tanpa menggunakan algoritma program, robot ini mampu mengikuti garis hitam atau putih sesuai jalur yang sudah ditentukan, yang tercepat mencapai finish maka robotnya dinyatakan sebagai pemenangnya, dan yang terakhir Robot Sumo sebagai mana Namanya robot ini saling dorong, yang keluar dari arena maka dinyatakan kalah, ditingkat smp robot ini memiliki aturan berat maksimal 1 kg, robot ini juga dikendalikan menggunakan smartphoe android untuk sistem koneksi dengan robot menggunakan methode IOT yang memanfaatkan wifi untuk mengoneksikanya.

Figure 2. A). Sambutan Dari Waka Kurikulum SMP Oleh Bapak Angga B). Sambutan Dari Tim Abdimas Ibu Dr.Syamsudduha Syahrorini

Setelah presentasi dan tanya jawab, selanjutnya sosialisasi ini mendemonstrasikan kendali robot sumo menggunakan smartphone android yang diperagakan mahasiswa. Setelah itu perwakilan dari siswa siswi mencoba untuk mengendalikan robot sumo sebagaimana yang ditunjukkan pada Gambar 2.3 B. percobaan mengendalikan robot ini dilakukan bergantian tiap siswa siswi sebanyak 3 kali. Setelah selesainya uji coba mengendalikan robot sosialisasi ini selesai. Salah satu tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah selain meningkatkan minat dan bakat di robotika, juga terbentuknya tim robot disekolahan. Terdapat kurang lebih 10 siswa siswi yang berminat untuk menjadi tim robot. selesai kegiatan ini ditutup oleh Humas sekolah sebagaimana yang ditujukkan pada Gambar 2.5A dan dilanjut dengan foto Bersama sebagaimana yang ditunjukkan Gambar 2.5 B.

Figure 3.A) Presentasi Materi Sosialisasi, B) Perwakilan Smp Untuk Mengendalikan Robot Sumo C) Robot Sumo Dan Smarphone Android Sistem Koneksi

Pada gambar 2.4 merupakan robot yang digunakan untuk mendemonstrasikan kepada siswa. Robot sumo ini menggunakan dua roda penggerak dengan motor yang memiliki tegangan 12 VDC, menggunakan batrai 3 cells 2200 mAh untuk memberkan tegangan pada sistem pada robot, menggunakan dua driver BTS7960 untuk yang digunakan untuk menggerakkan motor atas perintah dari mikrokontroller ESP8266 [6], Esp 8266 ini untuk menghubungkan dengan smartphone menggunakan wifi serta sebagai penerima perintah dari smartphpne android [7], sehingga robot bisa dikendalikan, dan smartphone android ini terinstall software Blynk untuk membuat sistem kendali maju, mundur, belok kanan dan belok kiri.

Setelah presentasi dan tanya jawab, selanjutnya sosialisasi ini mendemonstrasikan kendali robot sumo menggunakan smartphone android oleh yang diperagakan mahasiswa. Setelah itu perwakilan dari siswa siswi mencoba untuk mengendalikan robot sumo sebagaimana yang ditunjukkan pada Gambar 2.4. percobaan mengendalikan robot ini dilakukan bergantian tiap siswa siswi sebanyak 3 kali. Setelah selesainya uji coba mengendalikan robot ini sosialisasi ini selesai. Salah satu tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adlah selain meningkatkan minat dan bakat di robotika, tapi juga terbentuknya tim robot disekolahan. Terdapat kurang lebih 10 siswa siswi yang berminat untuk menjadi tim robot. selesai kegiatan ini ditutup oleh Humas sekolah sebagaimana yang ditujukkan pada Gambar 2.5A dan dilanjut dengan foto Bersama sebagaimana yang ditunjukkan Gambar 2.5 B.

Figure 4.A) Penutupan Kegiatan Sosialisasi Oleh Humas Sekolah B) Foto Bersama akhir Sosialisasi

HASIL DAN PEMBAHASAN

Untuk melakukan kegiatan sosialisasi ini tahapan pertama tim abdimas bertemu dengan pihak dari skolahan smp Muhammadiyah 4 porong untuk menentukan pelaksanaan sosialiasasi, pertemuan ini bersama waka kurikulum, dari pihak sekolah sangat senang sekali adanya sosialisasi ini karena selama ini masih belum ada kegiatan robotika setelah pindah dari kec mindi porong. Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 14-03-2023, kegiatan ini di ikuti oleh seluruh siswa siswi dari kelas 7, 8, dan 9. Materi sosialisasi ini berisi tentang kontes robot ditingkat smp salah satunya adalah robot sumo, selain pemaparan materi tim abdimas juga mendemokan mengendalikan robot sumo dengan smartphone android. Siswa siswi juga mencoba mengendalikan robot sumo secara bergantian dengan 3 perwakilan dari siswa siswi. Setelah selesainya sosialisasi ini terdapat kurang lebih 10 anak yang tertarik untuk menjadi tim robot disekolahan, yang nantinya akan dijadikan tim waktu ada lomba kontes robot sumo di tingkat SMP di tingkat nasional atau international.

SIMPULAN

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini membawa manfaat bagi siswa siswi smp, meningkatkan pengetahuan pemahaman sejak dini berkaitan dengan teknologi robot. Mengetahui beberapa robot yang biasanya dikonteskan di tingkat smp. Selain itu juga mengetahui komponen serta cara kerja hingga robot bisa dikendalikan. Penjelasan ini hanya memberikan pengetahuan secara umum akan tetapi tidak terlalu mendalam, karena menyesuaikan tingkat kemampuan dasar di tingkat smp. Selain itu dengan cara siswa siswi mencoba secara langsung mengendalikan robot sumo ini siswa siswi sangat senang, karena laayaknya game. Karena robot sumo ini dikendalikan menggunakan smartphone android. Berdasarkan kesenangan ini terdapat kurang lebih 10 siswa siwi yang tertarik dalam robotika.

References

  1. J. Homepage, D. Saputra, M. Fadhil, and A. Arif, “IJEERE: Jurnal Teknik Elektro dan Energi Terbarukan Indonesia Sumo Robot Manual Control System Menggunakan Bluetooth Berbasis Smartphone Android Sistem Kendali Robot Sumo Menggunakan Bluetooth Berbasis Smartphone Android,” vol. 1, hlm. 29-36, 2021.
  2. S. Suyatmo, CI Cahyadi, S. Syafriwel, R. Khair, and I. Idris, “Rancang Bangun Prototype Robot Pengantar Barang Cargo Berbasis Arduino Mega Dengan IOT,” J. Sist. Komput. dan Menginformasikan., vol. 1, no. 3, hlm. 215-219, 2020.
  3. N. Tommy Wirawan, R. Nadia Ernes, and F. Ilmu Komputer, "Perancangan Robot Sumo Sebagai Robot Kontes Dengan Memanfaatkan Keypad Sebagai Input Strategi Berbasis Mikrokontroler," vol. 1, no. 1, hlm. 28-35, 2021.
  4. NT Wirawan, "Pemanfaatan Smartphone pada Robot Beroda untuk Monitoring Jarak Robot dengan Halangan Menggunakan Bluetooth Hc-05 Sebagai Media Komunikasi," J. KomtekInfo, vol. 5, no. 1, hlm. 110-121, 2018.
  5. FF Faridawati, E. Minarto, I. Istiana Wati, S. Sutrisno, dan L. Hakim, "Pembelajaran Robotik Untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0," SPEKTA (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. Teknol. dan Apl ., vol.1, no.2, hlm.85, 2020.
  6. GP Sari dan S. Sukardi, “Kendali Alat Pelontar Bola Tenis Lapangan Berbasis Mikrokontroler,” JTEIN J.Tek. Elektro Indonesia., vol. 1, no. 2, hlm. 187-192, 2020.
  7. Arafat, "Sistem Pengamanan Pintu Rumah Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266," Technologia, vol. 7, no. 4, hlm. 262-268, 2016.