Training Materials
DOI: 10.21070/ijccd.v14i2.940

Training and Assistance in Financial Administration Report Preparation Using Microsoft Excel


Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Administrasi Keuangan dengan Menggunakan Microsoft Excel

Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Indonesia

(*) Corresponding Author

Financial reporting Community engagement Sustainable development Training Transparency

Abstract

This article presents the outcomes of the Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) undertaken by a social movement organization in Indonesia. The program aimed to enhance the financial reporting capabilities of its leadership through a three-phase approach comprising training, mentoring, and evaluation of financial administration records. Virtual pre-training equipped participants with essential Excel and financial application skills. The results showed a significant improvement in financial reporting, ensuring transparency and accountability. Moreover, the financial administration training facilitated better planning and informed decision-making, fostering sustainable development. These implications resonate globally, encouraging similar community engagement initiatives to advance financial transparency and effectiveness.

Highlights:

  • Enhanced Financial Reporting: The three-phase approach led to a significant improvement in the organization's financial reporting capabilities, ensuring greater transparency and accountability.

  • Empowered Decision-Making: The financial administration training enabled better planning and informed decision-making, contributing to the sustainable development of the social movement organization.

  • Global Implications: The program's success inspires related scientists and organizations worldwide to implement similar community engagement initiatives, advancing financial transparency and effectiveness on a broader scale.

Keywords: Financial reporting, Community engagement, Sustainable development, Training, Transparency

PENDAHULUAN

Analisis Situasi

Organisasi sosial kemasyarakatan memiliki peranan peran yang penting dalam kehidupan masyarakat. Nasyiatul Asyiyah Sulawesi Selatan merupakan salah satu gerakan perempuan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari pendidikan hingga sosial kemasyarakatan. Dalam perkembangannya Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah terus berupaya menghadirkan programprogram yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan juga memiliki unit bisnis yang digunakan untuk menambah kas operasional organisasi sehingga membutuhkan pelaporan administrasi keuangan yang baik.

Kegiatan yang dikelola dan dijalankan oleh Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan sangat beragam dan mengharuskan pengelolaan anggaran yang tepat dalam mengatur dan merumuskan strategi organisasi. Sementara itu, pengurus Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga belum memahami dengan baik metode pencatatan administrasi keuangan yang baik sehingga masih menggunakan metode pencatatan keuangan secara manual.

Figure 1.Musker dan Konsolidasi Pimpinan Daerah

Figure 2.Pameran Produk Usaha yang Dikelola Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan

Sesuai dengan analisis situasi yang digambarkan, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan memerlukan pendampingan dan pelatihan penyusunan laporan administrasi keuangan. Langkah ini sangat strategis melihat kondisi yang sedang dialami untuk pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas keuangan organisasi. Selain itu melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik dan kemahiran pengurus untuk menjalankan sistem aplikasi program Microsoft excel yang memudahkan pencatatan laporan keuangan.

Rumusan Masalah

Berdasarkan analisis situasi diatas, rumusan masalah yaitu sebagai berikut:

  1. Pencatatan laporan administrasi keuangan yang masih manual yang belum menggunakan sistem pencatatan yang rapi. Salah satu program sederhana yang dapat dilakukan adalah melalui pencatatan melalui program microsoft excel.
  2. Belum adanya transparansi laporan keuangan yang dapat diakses oleh stakeholder/pihak berkepentingan lainnya sehingga nilai akuntabilitas dan transparansi belum dapat dijalankan dengan baik.

Tujuan dan Manfaat PKM

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, dapat digambarkan tujuan dan manfaat diadakannya PKM ini yaitu:

Tujuan:

  1. Membuat laporan administrasi keuangan sederhana dengan program microsoft excel melalui pendampingan dan pelatihan kepada pengurus Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan.
  2. Membekali pengurus Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan dalam melaksanakan sistem publikasi sederhana terkait laporan keuangan tahunannya.

Manfaat:

  1. Memberikan pemahaman bersama kepada pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiyah mengenai pentingnya melakukan transparansi dan akuntabilitas administrasi keuangan.
  2. Memberikan pengetahuan dasar mengenai metode pelaporan administrasi keuangan agar mampu diketahui khalayak umum/stakeholder.
  3. Menjadi acuan bagi organisasi sosial kemasyarakatan lainnya mengenai pengadministrasian laporan keuangan yang baik khususnya di perserikatan Muhammadiyah-Aisyiyah.
  4. Menjadi rujukan bagi stakeholder/pemerintah atau pihak yang berkepentingan lainnya mengenai pencatatan dan pelaporan keuangan organisasi.

METODE

Metode Pelaksanaan yang digunakan dalam Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan

Administrasi Keuangan dengan Menggunakan Microsoft Excel pada Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Se Sulawesi Selatan adalah metode yang dilakukan dalam tiga tahapan yang dimulai dari pelatihan, pendampingan sampai kepada evaluasi keberhasilan kegiatan yang pelaksanaannya dilakukan dengan tatap muka secara langsung 15 kali pertemuan dengan mengutamakan pernasalahan mitra yaitu pelaporan administrasi keuangan. Adapun konsep materi pelatihan dan pendampingan adalah sebagai berikut.

1. Pencatatan Laporan keuangan berbasis Program Microsoft Excel 5 jam 30 menit Pertemuan 1 Perkenalan Pertemuan 2 Mengapa Transparansi dan Akuntabilitas Perlu diterapkan dalam pelaporan administrasi keuangan Pertemuan 3 Cara penggunaan Microsoft.Excel dalam pelaporan keuangan organisasi Pertemuan 4 Input data keuangan masuk dan keluar ke Program Excel yang telah dibuat oleh TIM PKM
2. Pembuatan Website/publikasi 5 jam 30 menit Pertemuan 5 Perlukah Organisasi mempublikasikan laporan keuangannya? Pertemuan 7 Cara membuat publikasi sederhana laporan keuangan Pertemuan 8 Mengapa Perlu Sosial Media dalam pengembangan organisasi?
3. Penggunaan Website Masjid 5 jam 30 menit Pertemuan 9 Cara Menambah vitur di website Cara Upload photo dan kegiatan keuangan di Website Cara Upload Dokumen keuangan di Website
4. Teknologi Perlukah Pengurus Masjid Tau? 5 jam 30 menit Pertemuan 8 Pembuatan Photoshop untuk Kegiatan Masjid Pertemuan 10
5. FINAL TEST dan EV ALUASI 2 jam 30 menit Cara edit Gambar melalui aplikasi corel draw/photoshoop Pertemuan 11 Pengambilan Gambar Pertemuan 12 Evaluasi Program
6. PENDAMPINGAN Pertemuan 13 dan 14 Melakukan kegiatan workshop pencatatan administrasi keuangan Melakukan pelatihan aplikasi yang telah dirancang oleh TIM PKM Pelatihan cara meggunakan website, upload gambar, edit bersama TIM PKM Pendampingan dilakukan 2 kali sepekan sampai pengurus Nasyiatul Aisyiyah mengetahui cara mengaplikasikan aplikasi yang telah dirancang.
7. Evaluasi Program Pertemuan 15 Laporan Pencatatan Keuangan tidak lagi menggunakan cara manual dan sudah berdasarkan data based. Evaluasi dilakukan dengan melakukan pendampingan Webisite sudah aktif dan dapat di akses oleh Masyarakat umum dan dapat liat pada website Kunjungan berapa user perhari Pendampingan dan Pelatihan pada staff keuangan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah terus dilaksanakan sampai pengurus mahir menggunakan aplikasi yang telah dibuat.
Table 1.Konsep Materi Pelatihan dan Pendampingan

HASIL DAN PEMBAHASAN

Solusi dan pemecahan masalah yang diharapkan melalui kegiatan PKM “Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Administrasi Keuangan dengan Menggunakan Microsoft Excel pada Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Se Sulawesi Selatan” dapat dilihat melalui table berikut.

Figure 3.Tabel Solusi Permasalahan dan Outcome

Figure 4.

Figure 5.

Figure 6.

Figure 7.

Figure 8.

Figure 9.

Figure 10.

Figure 11.

Figure 12.

Figure 13.

SIMPULAN

Nasyiatul Aisyiyah merupakan organisasi gerakan perempuan yang aktif dalam berbagai bidang termasuk bidang sosial dan pendidikan. Keberadaan organisasi ini memberikan banyak kebermanfaatan bagi masyarakat melalui program-program yang dijalankannya. Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan senantiasa melakukan program-program pemberdayaan kepada masyarakat melaui program perkaderan, edukasi, keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Selain itu Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan juga mempunyai unit usaha untuk menopang aktifitas operasional organisasi sehingga sangat membutuhkan kemampuan penyusunan laporan keuangan yang baik demi mendukung transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan organisasi. Program Pengabdian Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan dapat menjawab kebutuhan Pimpinann Daerah Nasyiatul Aisyiyah dalam hal peningkatan kemampuan pencatatatan dan penyusunan laporan keuangannya. Target yang diharapkan melalui kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengurus Pimpinann Daerah Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan dalam membuat laporan keuangan agar dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sebagai salah satu bagian dari organisasi gerakan sosial. Selain itu, melalui pelatihan dan pendampungan penyusunann laporan administrasi keuangan ini dapat memudahkan organisasi dalam melakukan perencanaan dan mengambil keputusan yang tepat untuk keberlajutan organisasi. Target dan luaran dari kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Administrasi Keuangan dengan Menggunakan Microsoft Excel pada Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Se Sulawesi Selatan adalah (1) Laporan arus kas masuk dan keluar tercatat sesuai dengan standar keuangan. (2) Dana yang dikelolah oleh PimpinanDaerah Nasyiatul Aisyiyah tercatat dalam satu sistem aplikasi sehingga memudahkan untuk melaporkan kondisi keuangan. (3)Laporan Keuangan dapat di akses oleh masyarakat luas, tidak hanya pengurus Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah yang mengetahuinya.

References

  1. A. Anurogo dan S. Suarni, “Memajukan Kanreapia melalui Melinesia 2018,” Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), vol. 4, hal.43-50, 2018.
  2. Anurogo, A., Suarni, A. W. Sompa, and A. R. Rahman, "Desa Siaga Covid-19 Menuju Indonesia 5.0," Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), vol. 1, no. 1, pp. 37-41, 2020.
  3. L. P. Andriyanto, A. Hidayat, and M. F. Wahyu, "Pelatihan Microsoft Office Word dan Excel Untuk Meningkatkan Kinerja Pengurus DKM Masjid Nurul Hidayah Tangerang," KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 75-83, 2021.
  4. A. Baihaqi et al., "Pelatihan Dasar Microsoft Office Terhadap Santriwan Santriwati Yayasan Ar-Rahman Krukut," Jpm: Jurnal Pengabdian Masyrakat, vol. 2, no. 1, pp. 25-28, 2021.
  5. E. S. Budi, E. Zuraedah, A. Priyatna, and B. M. Sulthon, "Peningkatan Pemahaman Karyawan Dalam Penggunaan Excel Untuk Pengelolaan Inventory," Social Responsibility Projects, vol. 2, no. 1, pp. 4-8, 2021.
  6. Y. P. Dewi and W. Wulandari, "Peningkatan Kompetensi Pengolahan Data Sederhana Dengan Microsoft Excel 2013 Pada PKBM Bina Bangsa Larangan Selatan Kota Tangerang," Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 6, 2020.
  7. Y. Fadhillah et al., "Peningkatan Kemampuan Dan Keterampilan Penggunaan Microsoft Excel Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa YPKS Padangsidimpuan," Jurnal Pengabdian, vol. 1, no. 3, pp. 259-265, 2021.
  8. A. Febriandirza and A. M. Saraswati, "Pelatihan Microsoft Excel Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok," Jurnal Abdi Reksa, vol. 3, no. 1, pp. 9-15, 2022.
  9. B. R. A. Febrilia and D. U. Setyawati, "Pelatihan Microsoft Excel Bagi Mahasiswa Calon Guru Universitas Pendidikan Mandalika," Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, vol. 3, no. 2, pp. 181-186, 2020.
  10. I. P. Handayani, H. W. Wardani, and A. N. Rifa'i, "Pelatihan Penggunaan Microsoft Excel Bagi Pengurus Posyandu," JAM-TEKNO, vol. 2, no. 2, pp. 44-49, 2021.
  11. S. Julaeha, "Sosialisasi Pengoperasian Microsoft Excel," Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 280-286, 2019.
  12. H. Maros and S. Juniar, "Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Komputer Microsoft Excel Bagi Perangkat Desa Wirogunan," Jurnal Budimas, vol. 2, no. 2, pp. 1-23, 2016.
  13. A. Niati, A. Soelistiyono, and T. Ariefiantoro, "Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel Untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen," E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 10, no. 1, pp. 105, 2019.
  14. N. Riswandari et al., "Pendampingan Transformasi Administrasi Melalui Aplikasi Microsoft Excel Pada KSM Wilo Desa Ketanireng Kecamatan Prigen Pasuruan," Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2022.
  15. R. Yusri, S. Edriati, and R. Yuhendri, "Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data,"Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 32-37, 2020.
  16. S. Sartika, A. Rahma, E. Lubis, dan S. Lisdayanti, "Pelatihan Aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel Dan Power Point Pada Siswa-Siswi Di SMPN 4 Kutacane," Pemberdayaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, hal.712-721, 2022.
  17. M. Silalahi, Mesri, I. Svinarky, and SP Saragih, "Pelatihan Microsoft Word Dan Excel Untuk Anak-Anak SMA Sederajat Harapan Sekupang-Batam," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu (Abdi Ke Ungu), 2021.
  18. H. Sulaiman, H. Husni, dan MA Nur, "Pengenalan Teknologi Informasi (TI) Dan Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Bagi Masyarakat Desa Topanda Kabupaten Bulukumba," Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 04, hal.224-227, 2021.
  19. A. Suarni, Anurogo, and Adziem, “Edukasi Pemulihan Ekonomi Rumah Tangga dari dampak Pandemi Covid-19 pada Disabilitas Desa Lamanda Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan (PKM),” Jurnal Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat ADPERTISI (JTCSA), vol. 1, tidak. 1, hal. 20-32, 2020.
  20. A. Suarni, Sahrullah, dan S. Wahyuni, "Pendampingan Produk Unggulan dimasa Pandemi Covid-19 pada badan usaha amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA) Mabarraka'NA Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan sebagai upaya meningkatakan Omset Penjualan," Jurnal Pengabdian Masyarakat Pemberdayaan , Inovasi dan Perubahan, vol. 1, tidak. 3 Agustus 2021.
  21. A. Suarni, Sahrullah, dan S. Wahyuni, "Pendampingan Produk Unggulan Dimasa Pandami Covid 19 pada Badan Usaha Amal Nasyiatul Aisyiyah (BUANA) Mabarakka'NA Pimpinan Wilayah Nasyia Sulawesi Selatan sebagai upaya meningkatkan omset penjualan," Jurnal Pengabdian Masyarakat, jilid. 1, tidak. 3 Agustus 2021.
  22. LA Utami, ER Yulia, S. Ernawati, and H. Hertyana, "Pelatihan Pembuatan Laporan Kerja Menggunakan Microsoft Excel Guna Mendukung Keahlian Staf Desa Kota Batu," Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, tidak. 2, hal.244-250, 2021.
  23. W. Wahyuniar, D. Kumala Sari, dan R. Uspayanti, "Pelatihan Komputer Dasar Berbasis Aplikasi Microsoft Office Bagi Siswa SMK Negeri 3 Merauke Provinsi Papua," Jurnal Pengabdian UNDIKMA, vol. 2, tidak. 2, hal.195, 2021.
  24. R. Yusri, R. Radhya, S. Edriati, dan R. Yuhendri, "Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data," RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 2, tidak. 1, hal.32-37, 2020.